Senin, 29 September 2008

Sakit Pinggang akibat bermain voli.

Sore hari ini, saya ke RKZ Surabaya untuk periksa ke dr. Suroto SP OT. Keluhan saya yakni pinggang apabila membungkuk. Sakit ini minggu lalu saat bermain voli dengan orang–orang di kampung. Mungkin karena terlalu ndengkek( bahasa indonesia nya apa y?).
Dr Suroto pertama–tama bertanya apakah saya pernah jatuh. Kemudian pengecekan selanjutnya adalah mendeteksi ada tidaknya saraf yang terjepit, yakni dengan cara tidur berbaring, kemudian kaki diangkat kira-kira 30 derajat. Karena tidak sakit, dokter mengatakan aman karena tidak ada saraf yang terjepit. Kemudian dokter meminta saya agar tidur tengkurap. Bagian pinggang dipencet-pencet. Ternyata hal ini untuk mengetahui ada tidaknya batu ginjal. Bila sakit, mungkin kita terkena batu ginjal. Dalam pemeriksaan ini, saya lolos tes. Lega rasanya. Dokter bilang bahwa penyakit saya ini wajar. Kemudian saya diberi obat dan dianjurkan untuk menghindari kegiatan membungkuk berenang minimal seminggu sekali. Sebelum pulang, saya bertanya ke dokter bagaimana caranya untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Ternyata, pertumbuhan tinggi badan dapat diketahui dengan cara memfoto tulang panggul kita. Di tulang panggul kita, nanti akan terlihat apakah pertumbuhan kita sudah maksimal atau belum. Dan latihan-latihan yang bisa membuat badan kita tambah molor adalah dengan berlari, lompat tali, dengan diimbangi berenang.

Tidak ada komentar: